Home » , » Tugas Bahasa Indonesia

Tugas Bahasa Indonesia

Written By Arifin Budi Purnomo on Minggu, 28 Oktober 2012 | 11.18.00


TUGAS TERSTRUKTUR BAHASA INDONESIA
 “Peran UKM Dibalik Panasnya Persaingan Dunia Kerja”



logo unsoed.jpg








Oleh :




Nama   : Arifin Budi Purnomo
NIM    : A1C012025
Prodi   : Agribisnis



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS PERTANIAN
PURWOKERTO
2012







PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) merupakan suatu unit kegiatan yang menampung kreativitas para mahasiswa suatu Perguruan Tinggi. Unit Kegiatan Mahasiswa tersebut dapat dibagi menjadi dua kelas yang berbeda. Kelas unit yang pertama yakni UKM Universitas, yang mana beranggotakan mahasiswa berbagai Fakultas dalam satu Universitas. Kelas unit yang kedua adalah UKM Fakultas. UKM Fakultas hanya merupakan wadah bagi mahasiswa satu Fakultas, tanpa ada anggota dari Fakultas lain. Walaupun kedua jenis UKM diatas terkesan berbeda tingkatan , namun keduanya memiliki peran yang sama. Peran tersebut tidak lain adalah sama-sama merupakan wadah kreativitas  bagi para mahasiswa.

Dewasa ini, UKM yang notabene menjadi wadah organisasi dan pengembangan softskill para mahasiswa, justru mulai diabaikan. Unit kegiatan itu hanya dianggap sebagai salah satu faktor penghambat prestasi akademik. Anggapan tersebut menyebabkan turunya minat mahasiswa untuk berorganisasi di UKM. Padahal dengan ikut organisasi di UKM justru membuka berbagai sumber informasi dan meningkatkan sostskill mahasiswa. Softskill tersebutlah yang menjadi modal bertempur dalam menghadapi dunia kerja.




B.     Rumusan Masalah

Apa peran Organisasi di UKM bagi mahasiswa dalam kaitan menghadapi dunia kerja?


C.    Landasan Teori

            “Saudara dituntut untuk beradaptasi dengan cepat terhadap lingkungan Saudara kedepan, tentang semakin berat khususnya dalam memasuki dunia kerja karena kompetitor-kompetitor Saudara sudah menunggu dengan segala bekal kemampuanya. Jika kemempuan yang diperoleh Saudara dibangku kuliah tidak dilengkapi dengan kemampuan softskill, maka Saudarapun akan sulit  bersaing dengan alumni Perguruan Tinggi lain[1]

            ”Untuk mengatasi masalah tersebut, saya berpesan kepada Saudara agar Saudara selain belajar juga dapat meningkatkan ketrampilan saudara melalui terjun ke dunia Organisasi, khususnya himpunan mahasiswa (HIMA) yang ditawarkan  oleh kakak kelas Saudara[2]


1, 2    Sambutan Dekan Faperta UNSOED dalam Buku Panduan OSMB PADI Fakultas Pertanian UNSOED 2012 (2)         






PEMBAHASAN

            UKM bagi mahasiswa sangatlah penting. Unit Kegiatan tersebut berperan penting dalam pengembangan softskill terkait dalam menghadapi dunia kerja yang nyata. Dalam hal ini mahasiswa harus mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan organisasi terutama di UKM. Dalam lingkungan organisasi itulah, seorang mahasiswa akan beproses mengembangkan potensi diri yang dimiliki. Dengan potensi yang telah dikembangkan itu, seorang calon sarjana yang kompeten akan siap menghadapi dunia kerja.

            Seorang mahasiswa akan mengarungi perjalanan panjang dalam mengembangkan potensi untuk meraih mimpinya sebagai seorang sarjana. Tahap berikutnya berharap memperoleh pekerjaan yang layak tentunya. Begitulah kira-kira keinginan semua mahasiswa yang berjuang keras melewati perjalanan panjang selama  di bangku kuliah. Perjalanan panjang tersebut tidak boleh disia-siakan, karena itu kita harus berusaha keras dahulu sebelum kita terjun kedunia yang nyata yakni dunia kerja.

            Dalam dunia kerja, banyak perusahaan yang lebih mengutamakan calon karyawan dari lulusan yang memiliki riwayat organisasi. Alasanya seseorang yang memiliki riwayat organisasi, biasanya memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik. Kemampuan memanajemen waktu yang baik akan diterapkan pada pengelolaan tugas perusahaan dan prioritas penyelesaianya. Sehingga tuntutan tugas perusahaan akan terlaksana dengan baik.



            Peran Organisasi UKM yang selanjutnya adalah kemampuan interpersonal dalam kaitannya problem solving. Kemampuan dalam diri seseorang ketika menghadapi suatu permasalahan dan mampu memberi penyelesaianya. Dalam dunia kerja, hal tersebut mutlak diperlukan bagi tiap karyawan. Karyawan akan dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang kompleks dalam dunia pekerjaan. Oleh karena itu diperlukan kemampuan penyelesaian masalah dalam diri seorang karyawan.

Selanjutnya adalah kemampuan sosial serta komunikasi dengan khalayak umum. Kemampuan sosial dan komunikasi akan sangat kita perlukan ketika seseorang menghadapi test interview suatu lowongan pekerjaan. Ketika komunikasi lancar karena telah berpengalaman, test tersebut seperti halnya sebagai obrolan kecil dan tanpa menjadi sebuah beban. Berbeda jika pengalaman seseorang kurang, ia akan lekas gugup, stess, dan gagal.
           
            Dari berbagai peran tersebut diatas, pada akhirnya akan sampai pada puncaknya. Puncaknya yaitu jiwa kepemimpinan seorang mahasiswa akan terbentuk dengan sendirinya akibat dari kebiasaan baik dan teratur. Kepemimpinan dalam kaitannya dengan dunia kerja akan berhubungan dengan posisi seorang manajer perusahaan. Manajer perusahaan dituntut mampu memimpin anak buahnya dalam misi sebuah perusahaan.






PENUTUP

A.    Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa UKM yang merupakan wadah pengembangan diri seorang mahasiswa sangatlah diperlukan perannya dalam menghadapi dunia kerja. Dalam kata lain organisasi di UKM merupakan ajang latihan dunia kerja yang sesungguhnya. Hal tersebut didasarkan karena bangku perkuliahan selama ini tidak banyak memberi pengajaran softskill pada mahasiswa.



B.     Daftar Pustaka

·         Iqbal, Achmad. 2012.Buku Panduan OSMB Padi Fakultas Pertanian UNSOED 2012. Purwokerto: UNSOED.




Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Budayakan Berkomentar dengan Baik dan Sopan :)

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arifin Budi Purnomo Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger