Home » , , » 4 PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA INDONESIA

4 PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA INDONESIA

Written By Arifin Budi Purnomo on Minggu, 09 Desember 2012 | 22.00.00


4 PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA INDONESIA

            Kehidupan bangsa dan negara Indonesia didasarkan pada 4 pilar, yaitu pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika. Akan tetapi, pada zaman sekarang keempat pilar tersebut sudah mulai goyah. Disebabkan karena melemahnya moral dan pemahaman bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus bangsa, wajib menjaga dan membuktikannya sebagai wujud dari cinta tanah air.
1.        Pancasila
       Pancasila sebagai landasan ideologi negara merupakan pandangan hidup  dan dasar yang kuat sebagai tujuan dari pembangunan negara. Pancasila artinya lima dasar atau lima asas yaitu nama dari dasar negara kita. Sebagai dasar negara maka nilai-nilai kehidupan bernegara dan pemerintahan haruslah berdasarkan pada pancasila. Namun berdasarkan kenyataan, nilai-nilai yang ada dalam pancasila tersebut belum terealisasikan dengan baik oleh warga Indonesia bahkan sudah mulai goyah.
2.      Undang-Undang Dasar 1945
Undang-undang Dasar 1945 merupakan konsep hukum yang sudah tertuang dalam pasal-pasal. Dan merupakan dasar peraturan perundang-undangan dalam menetapkan hukum yang berlaku di Indonesia. Namun pada kenyataannya, sering terjadi penyimpangan-prnyimpangan dalam kegiatan pelaksanaannya. Seperti kasus-kasus korupsi yang dilakukan oleh para petinggi negara yang seharusnya ditindak tegaskan oleh hukum dan peraturan yang sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Dasar, akan tetapi sering disalahgunakan dan kurangnya keadilan. Dimana yang kuat yang menang. 


3.      Negara Kesatuan Republik Indonesia
Bentuk negara Indonesia merupakan kesatuan.  Dengan adanya kesatuan,  berbagai macam perbedaan pada bangsa Indonesia menjadi satu. Akan tetapi, nilai-nilai tersebut sekarang sudah mulai luntur dari diri banga Indonesia. Seperti pertikaian dan rasa individualisme bangsa Indonesia.
4.             Bhineka Tunggal Ika
Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang mengandung arti berbeda-beda tetapi tetap satu. Maksud disini adalah negara Indonesia terdiri dari berbagai bahasa, suku, ras, golongan dan agama. Dengan keberagaman tersebut, kita satukan dengan alat pemersatu bangsa yaitu bahasa Indonesia. Namun pada era sekarang ini, seringkali terdapat pertikaian dan perbedaan dari masing-masing kelompok yang menganggap kelompok tersebut benar. Bahkan sampai terjadi konflik. Hal ini yang kemudian menyebabkan nilai-nilai kebhineka tunggal ika indonesia mulai goyah.

       Dari uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa sebagai generasi muda, kita sebagai generasi penerus bangsa harus menjaga keutuhan empat pilar bangsa dan negara Indonesia untuk tercapainya Indonesia yang benar-benar merdeka dan tercapainya tujuan dari negara.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Budayakan Berkomentar dengan Baik dan Sopan :)

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arifin Budi Purnomo Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger