Home » , , » Tugas Terstruktur Pendidikan Kewarganegaraan / Hak Dan Kewajiban Negara

Tugas Terstruktur Pendidikan Kewarganegaraan / Hak Dan Kewajiban Negara

Written By Arifin Budi Purnomo on Jumat, 18 Januari 2013 | 23.03.00

TUGAS TERSTRUKTUR
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
HAK DAN KEWAJIBAN NEGARA




Disusun oleh :
Nama             :   
NIM               :   
Prodi              :  



DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS PERTANIAN
SOSIAL EKONOMI
2013






HAK dan KEWAJIBAN NEGARA

A.     Hak Negara

1.    Menghukum Rakyat yang Bersalah Menurut Hukum yang Berlaku
Komentar : Negara sangat perlu menegakan hukum dengan sebenar-benarnya. Tidak memilah-milah atau melihat status social karena sungguh sebuah hukum dan kebenaran itu tidak seharusnya dapat ditukar dengan uang.
Contoh : seorang koruptor yang mencuri uang Negara dengan jumlahmiliaran hanya di penjara sekitar enam bulan. Dan fasilitas dalam penjara pun begitu mewah,  lengkap dengan ruang karaoke. Sebaliknya bila di bandingkan denga seorang pencuri ayam pencuri itu di tahan bertahun-tahun dalam sel penjara.
Pada intinya para penegak hukum itu harus tegas.

2.    Memungut Pajak
Komentar : Hal ini perlu dan suatu hak Negara untuk memungut pajak pada rakyat atas bangunan yang didirikan dan luas tanah yang dimiliki oleh rakyat dalam suatu Negara. Karena dengan adanya pajak tersebut Negara pun bisa memberikan fasilitas yang baik untuk rakyat / warga negaranya, karena uang yang dibayarkan oleh rakyat pada negaranya akan kembali lagi dalam bentuk fasilitas-fasilitas dll.
Contoh : jalan raya yang sering kita lewati, biaya pendidikan, kesehatan dll

3.    Hak Negara Untuk Menguasai Bumi, Air dan Kekayaan Untuk Kepentingan Rakyat
Komentar : Negara berhak untuk mengelola sumber daya alam untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyatnya.
Misalnya sumber daya gas, minak bumi, air dsb.

4.    Hak Negara Untuk dibela
Komentar : suatu Negara tidak akan maju apabila tidak ada dukungan dari rakyatnya dala bentuk pemikiran maupun perbuatan.
Contoh : warga mendukung negaranya untuk bekerja sama dalam bidang perdagangan dengan luar negeri.

B.    Kewajiban Negara
1.    Menciptakan Situasi yang Kondusif Untuk Rakyatnya
Komentar : Karena setiap masyarakat perlu mendapatkan ketenangan maupun keamanan dilingkungan sekitar tempat tinggalnya. Hal ini bisa disebutkan sebagai kebutuhan primer karena untuk kenyamanan warga tersebut menetap.

2.    Memajukan dan Menigkatkan Kehidupan Rakyat disegala Aspek
Komentar : Seperti memfasilitasi kegiatan masyarakat agar lebih baik dan berkembang dan masyarakat merasakan berjalannya struktur ketatanegaraan, memanjukan pendidikan, mensejahterakan rakyat.

3.    Melindungi Rakyatnya
Komentar : seluruh rakyat atau warga suatu Negara perlu mendapatakan perlindungan dari negaranya. Perlindungan berupa hak azasi maupun perlindungan keamanan pada diri, harta dan lingkungan warga tersebut dengan adanya aparatur-aparatur Negara.
Contoh : Melindungi dari ancaman teroris, penjajah maupu perampok, mencegah terjadinya kecelakaan dan melindungi keselamatan rakyatnya.

4.    Memfasilitasi Rakyatnya
Komentar : Bahwa rakyat perlu mendapatkan fasilitas dari suatu Negaranya, dikarenakan rakyat pun berhak mendapatkan haknya setelah rakyat membayar pajaknya. Dengan fasilitas itu agar rakyat bisa lebih mudah mengembangkan bakat dan kemampuannya.

 Hak Warga Negara
1.    Setiap Warga Negara Berhak Atas Pekerjaan dan Penghidupan yang Layak
Komentar : Hal ini menujukan azas keadilan social dan kerakyatan karena kesejahteraan suatu Negara tercermin dari rakyat yang mempunyai pekerjaan dan penghidupan yang cukup. Namu dilapangan, kurangnya lapangan pekerjaan menjadi hambatan dengan bertambahnya jumlah penduduk usia produktif oleh karena itu harus adanya keseimbangan antara lapangan pekerjaan dengan usia produktif.

2.    Setiap Warga Negara Berhak Memperoleh Pendidikan dan Pengajaran
Komentar : Tercantum dalam pasal 31 ayat (1) UUD’45 bahwa tiap-tiap Warga Negara berhak mendapatkan pengajaran. Hal ini akan mewujudkan generasi muda atau penerus yang baik. Namun, belum semua anak bangsa bisa menikmati bangku pendidikan karena upaya pemerintah belum maksimal dalam menangani hal tersebut.

3.    Setiap Warga Negara Berhak Mendapatkan Perlindungan Hukum
Komentar : Karena setiap warga Negara ingin merasakan kehidupan yang nyaman, baik  dirinya sendiri, keluarga, harta benda dan lingkungannya. Namun sayangnya perlindugan hukum di Indonesia belum tegak seutuhnya sehingga masih banyak rakyat yang belum merasakan adanya perlindungan hukum.

4.    Setiap Warga Negara Bebas Untuk Memilih, Memeluk dan Menjalankan Agama dan Kepercayaan Masing-masing yang dipercayai.
Komentar : Tercantum dalam pancasila, sila ke-1 yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Jadi rakyat dalam suatu Negara berhak memilih, memeluk agama dan kepercayaannya masing-masing tanpa adanya paksaan dari Negara dan pihak-pihak lain. Dan khususnya Negara Indonesia hanya mengakui adanya 5 agama.

5.    Setiap Warga Negara Berhak Mempertahankan Wilayah NKRI Dari Serangangan Musuh
Komentar : Bahwa suatu Negara berhak mendapatkan perlindungan rakyat dari teroris atau penjajah. Oleh karena itu setiap warga Negara harus saling merasakan adanya saling memiliki dan mewujudkan rasa nasionalisme.

6.    Setiap Warga Negara Memiliki Kedudukan yang Sama dimata Hukum dan didalam Pemerintahan
Komentar : Jadi tidak adanya perbedaan sosial dimata hukum antara orang kaya dengan orang miskin. Karena setiap orang yang benar berhak mendapatkan pembelaan. Tetapi terkadang hukum di Negara kita bisa dibeli dengan uang. Hukum seperti barang yang bisa diperjualbelikan.
Sedangkan didalam pemerintahan, rakyat pun berhak berpartisipasi dalam pembangunan nasional misalnya hak menyalurkan pendapat dan memilih pemimpin Negara secara demokratis.

 Kewajiban Warga Negara
1.    Setiap Warga Negara Wajib Membayar Pajak dan Retribusi yang Telah ditetapkan Oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah
Komentar : Karena dengan adanya pajak tersebut Negara pun bisa memberikan fasilitas yang baik untuk rakyat / warga negaranya, karena uang yang dibayarkan oleh rakyat pada negaranya akan kembali lagi dalam bentuk fasilitas-fasilitas. Namun kesadaran warga Negara untuk membayar pajak sangatlah kurang. Padahal dari pajak yang di bayarkan akan kembali kepada warga Negara itu sendiri.

2.    Setiap Warga Negara Wajib Turut Serta Dalam Pembangunan Untuk Membangun Bangsa Agar Bangsa Kita Bisa Berkembang dan Maju Ke Arah yang Lebih Baik.
Komentar : Dengan adanya system demokratis, warga Negara secara langsung bisa memilih pemimpin Negara sesuai dengan hati nuraninya. Jadi wagra Negara bisa mempercayakan orang yang dipilih untuk memimpin negaranya agar lebih maju kearah yang lebih baik.

3.    Setiap Warga Negara Memiliki Kewajiban Untuk Berperan Serta Dalam Membela, Mempertahankan Kedaulatan Negara Indonesia Dari Serangan Musuh
Komentar :  Warga Negara bisa berperan serta dalam membela Negara melalui pengajuan pendapat baik lisan maupun tulisan. Selain itu warga Negara wajib membela dari penjajah melalui pengawasan yang lebih intensif.

4.    Setiap Warga Negara Berkewajiban Taat, Tunduk dan Patuh Terhadap Segala Hukum yang Berlaku diwilayah Negara Indonesia
Komentar : Setiap warga Negara wajib mentaati peraturan yang telah ditetapkan oleh negaranya, agar terciptanya lingkungan yang tertib dan hal itu bisa menimbulkan kebaikan untuk bersama

KESIMPULAN

•    Adanya hubungan timbal balik antara suatu Negara dengan warga Negara.
•    Kesadaran antara Negara dan warga Negara harus saling memenuhi dan mengerti posisinya satu sama lain.
•    Tidak adanya perbedaan dimata hukum antara warga Negara yang mempunyai status social tinggi dengan yang rendah
•    Suatu Negara dan warga Negara berkewajiban untuk saling menjaga keamanan satu sama lain.
•    Kewajiban suatu Negara berhak dipenuhi oleh rakyatnya, Karena hak suatu warga Negara akan terpenuhi oleh suatu Negara.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Budayakan Berkomentar dengan Baik dan Sopan :)

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arifin Budi Purnomo Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger